Sabtu, 22 Oktober 2011

Hambatan dalam menghafal Al qur'an



Subhanallah, anda mampu menghafal Al-Quran dalam tempo sebulan 1 juz. Berarti dalam tempo tiga hari anda bisa menghafal dua halaman atau satu lebar. Ini adalah target dan capaian yang luar biasa. Artinya, kalau proses menghafal ini berjalan lancar, atas izin Allah SWT dalam tempo 30 bulan atau 2 tahun setengah anda sudah hafal Al-Quran 30 juz.
Sebenarnya menghafal Al-Quran itu sangat mudah sekali. Demikian jaminan dari Allah SWT. baca dan renungi firman-Nya :

"
وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ"

“Dan sugguh telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk diingat, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?" (Q.S. Al-Qamar/54 : 17, 22, 32, 40)


Hambatan dan penghalang dalam menghafal
Perbuatan Maksiat Anda juga harus berusaha seoptimal mungkin untuk selalu menghindari tempat-tempat maksiat, apalagi –na’udzu billah- gemar bermaksiat dengan segala macam bentuknya.
Tentunya kita bisa mengambil pelajaran dari kisah seorang Imam besar, Imam Syafi'I peletak madzhab Al-Syafi’iyyah yang memiliki kecepatan dalam menghafal, beliau pernah mengadu kepada gurunya, Waki’, karena suatu hari beliau mengalami masalah dalam menghafal. Sang guru pun lalu memberikan obat mujarab, yaitu dengan nasihat agar sang Imam meninggalkan perbuatan maksiat. Imam Syafi'I rahimahullah berkata:
Aku mengadu kepada (guruku) Waki' atas buruknya hafalanku, Maka diapun memberiku nasihat agar aku meninggalkan kemaksiatan. Dia memberitahuku bahwa ilmu itu adalah cahayaDan cahaya Allah tidak akan diberikan kepada orang yang selalu bermaksiat.

Tidak mengulang secara rutin
Seorang penghafal Al-Quran harus memiliki jadwal khusus untuk mengulang hafalan, jadi dia harus memiliki wirid harian untuk murajaah hafalan yang pernah dia hafal, baik di dalam shalat atau di luar shalat. Karena diantara yang membuat hafalan Al-Quran kita cepat hilang karena kita memiliki jadwal khusus untuk murajaah.
Sejak dahalu Rasulullah SAW memberikan peringatan kepada orang yang menghafal Al-Quran untuk selalu menjaga hafalanRasulullah SAW bersabda :
"تَعَاهَدُوا الْقُرْآنَ فَوَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ لَهُوَ أَشَدُّ تَفَصِّيًا مِنْ قُلُوْب الرِّجَالِ مِنَ اْلإِبِلِ مِنْ عِقَلِهَا".

“Jagalah Al-Qur’an, demi Yang jiwaku berada di tangan-Nya, Al-Qur’an itu lebih cepat lepas dari hati penghafalnya dari pada lepasnya seekor onta dari ikatannya” (H.R. Bukhari)
Jadi pandai mengatur waktu akan dapat membantu seorang penghafal Al-Qur’an dalam memelihara hafalannya. Mengatur waktu untuk mengulang-ulang hafalan yang senantiasa terus berkelanjutan, harus terus dilakukan oleh seorang penghafal Al-Qur’an. Biasakan jangan melewatkan waktu tanpa melakukan hal-hal yang bermanfaat.

Berlebihan dalam memandang dunia
Tidak sedikit orang yang menghafal Al-Quran karena lebih disibuki dengan kegiatan yang dapat melalaikannya dari aktifitas menghafal bahkan mengajar Al-Quran, bahkan juga tidak sedikit orang yang menghafal Al-Quran ikut suatu bisnis tertentu, lalu tanpa mereka sadari, sedikit banyak melalaikan dari kegiatan menghafal yang selama ini dia lakukan secara rutin. Sebenarnya ada banyak cara dalam menghindari lupa akan hafalan yang pernah melekat dalam memori kita seperti motivasi atau niat kita dalam menghafal Al-Quran adalah bukan untuk mengejar-ngejar kenikmatan dunia.
Semoga Allah SWT memberikan kemudahan kapada anda dan kepada kita semua dalam menghafal Al-Quran serta dapat mengamalkannya dalam kehidupan. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.
Wallahu a’lam bishshawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar